Minggu, Desember 27, 2009

peraturan tak tertulis

Ada orang bijak yang berkata jika ingin sukses maka harus dapat menyesuaikan diri dengan perubahan. Penyesuaian tiada henti harus terus dilakukan agar dapat bertahan hidup. Banyak yang tidak mampu bertahan karna merasa hidupnya sudah mapan dan berfikir bahwa perubahan hanya sebentar saja dan efeknya tidak banyak.
Jika kita tidak mengambil tindakan yang benar dan hidup dalam kemewahan hari ini bukan masa depan, maka kita akan celaka.
Ibuku sering berkata "Jangan boros!", "Kalo ke Mall jangan belanja!" pokoknya berbagai kata "Jangan" karna mengeluarkan uang untuk kesenangan sudah terpatri diingatan. Terkadang kesal sekali kalo harus mendengar katakata itu, lebih kesal lagi kalo harus nurutin katakata itu.
Masa iya ke mall ga ngeluarin duit?? Ga boleh beli ini itu,, gak boleh beli baju cantik yang menurut mamaku gak akan dipake dan bakal menuhmenuhi lemari.
Mall adalah tempat yang paling sulit dihindari untuk tidak mengeluarkan uang. Walau cuma 10rb dan itu untuk bayar parkiran,,,
Banyak pembisik pembisik yang tidak terlihat yang selalu menggoda kita untuk mengeluarkan uang.
Temenku pernah ada yang ngomong gini, "gue itu konsumtif banget deh... Gue gak ngerti kenapa bisa gini." dan itu gak terjadi pada satu orang, banyak dari kita pun terperangkap dalam keadaan ini.
Sangat sulit melepaskan diri dari belenggu keinginan untuk menghabiskan uang. Begitu uang gaji diterima, dihabiskan untuk bayar berbagai tagihan, kesenangan pribadi, makan, pulsa dan kalo ada sisa yaa bagus kalo gak ada terpaksa puasa.
Begitu terus sampai akhirnya kita nggak tau lagi harus bagaimana.
Monster ini harus segera dihentikan dan perlu diberantas. Setiap bulannya kita harus membuat daftar keperluan setiap bulannya sesuai dengan gaji yang kita terima. Daftar itu di breakdown lagi menjadi jadwal pengeluaran setiap minggu. Dan kita pun harus membuat pembukuan setiap harinya. Hal ini sangat penting untuk melihat sektor mana yang paling besar dan sektor mana yang sudah sesuai dengan kebutuhan dasar setiap harinya. Sektor yang pengeluarannya paling besar itu harus ditelaah lebih lanjut lagi. Kita harus membuat daftar pertanyaan yang harus kita jawab dengan jujur.
1. Apa benar barang yang kita beli itu barang yang kita perlukan??
2. Seberapa inginnya kita membeli barang tersebut??
3. Seberapa butuhnya barang tersebut dalam kehidupan kita??
4. Apakah jika barang tersebut tidak dibeli kita bermasalah??
5. Apakah barang tersebut dapat mengganggu kondisi finansial kita??
Yang terpenting setiap kali kita menerima gaji, sisihkan minimal 10% dari pendapatan yang kita terima untuk ditabung. Pisahkan rekening yang digunakan khusus menjadi tabungan, dengan rekening yang digunakan sebagai transaksi ato pengeluaran. Rekening yang sebagai tabungan jangan diganggu gugat dan tidak boleh digunakan untuk hal yang tidak penting dan tidak menghasilkan!
Berbagai sektor pengeluaran harus diawasi dengan ketat dan harus diminimalkan agar finansial yang sudah terlanjur berantakan menjadi membaik.

Tidak ada komentar:

Pengikut