Kamis, Maret 05, 2009

kejahatan di era informatika

Beberapa saat yang lalu papaku menasihatiku agar berhati-hati dengan dunia maya. Seluruh keamanan pribadi harus dijaga dengan seksama agar tidak disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sangat dapat dimengerti kenapa papaku seperti itu. Ia tidak ingin anaknya dikerjai orang lewat internet. Gue cerita ke papa kalau dulu sering dapat telepon dari orang yang gak dikenal dan sangat mengganggu. Mulai dari miss call, sms ngajak kenalan sampai telepone (dan gue langsung matiin begitu dapat telepon dari orang yang gak gue kenal).

Orang iseng kaya gitu sangat mengganggu dan kerjaan mereka juga gak guna. Malah bikin kesel. Hal yang dapat dilakukan sih diemin aja. Palingan mereka bakal cape sendiri.

Tapi gimana kalau kasusnya ada orang yang menyebarkan fitnah bahwa kita itu "wanita nakal" dapat diperoleh begitu saja dengan harga sekian terus nama, foto, serta nomor telepon kita yang terpampang di sebuah situs?! Pada hal kita gak tau apa-apa&gak kenal juga orang yang berada dibalik layar situs tersebut! Bagaimana harus bertindak? dan hukum yang mengatur kejahatan di dunia maya, kita juga gak tau...
Bagaimana saat itu kita lagi mencari pekerjaan dan sedang dalam tahap penyeleksian, lalu ada orang dari kantor tersebut yang mengetahuinya.. Bagaimana reaksi dari orang-orang terdekat? dan tanggapan orang lain yang melihatnya..?!

Sungguh miris hati bila hal itu terjadi. Mungkin dalam hati kita cuma bisa mengutuk orang yang berada dibalik layar situs tersebut. Kok sampai hati dia kaya gitu... Dan hanya bisa menangis dan curhat dengan orang terdekat...

Trus gimana solusinya biar gak digangguin lagi? Minta bantuan polisi, polisi sini mungkin gak banyak yang ngerti internet. Wong penjahat aja banyak yang gak ketangkep. Gak jelas juga hukumnya gimana.

Papaku bilang yang bisa menolong hanya ALLAH SWA. Kita minta bantuan dari-Nya dengan cara sholat Tahajut (1000 rokaat) dan baca surat Al Falaq. Insya Allah akan diberi kemudahan oleh Allah dan terhindar dari kejahatan yang dilakukan oleh manusia dan jin. Amin..

Mungkin ini lah jalan yang terbaik dan hanya itu yang bisa kita lakukan sebagai umat beragama. Disaat tidak ada seorangpun yang dapat menolong dan membantu, hanya Tuhan lah yang bisa.

Maha suci Allah dengan segala firmannya. :)

Tidak ada komentar:

Pengikut